Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Supiori mendukung program-program Sekolah Penggerak dengan meningkatkan sumber daya manusia. Salah satunya sumber daya manusia pengawas sekolah yang memiliki tanggung jawab untuk membina dan mengawasi jalannya proses pedidikan.
Dukungan tersebut diwujudkan dengan kehadiranya Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Supiori, Rafles Ngilemele, S.STP., M.Si. Bersama kepala bidang, kepala seksi dan staff dinas Pendidikan, pada Lokakarya Pengawas bertema Fasilitasi Kebutuhan Belajar dan Berbagi Praktik Baik di Satuan Pendidikan (23/02/2023).
Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Supiori Rafles Ngilemele, S.STP., M.Si, memberikan apresiasi dan mendukung tahapan program Sekolah Penggerak dalam meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan. Salah satu tenaga kependidikan yang penting yaitu pengawas yang menjadi ujung tombak dalam pembinaan dan pengawasan proses pedidikan.
Dalam lokakarya ini, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Supiori, mengucapkan terima kasih kepada BGP Papua, dalam meningkatkan kompetensi pengawas-pengawas sekolah penggerak dari berbagai jenjang. Dalam lokakarya ini dirinya tidak hanya menugaskan pengawas-pengawas sekolah penggerak namun juga melibatkan pengawas-pengawas selain sekolah penggerak, untuk belajar dan meningkatkan kompetensi dalam strategi pembinaan dan pengawas.
“Lokakarya seperti ini, kegiatan yang positif sebagai sarana peningkatkan kompetensi pengawas, strategi-strategi pembinaan dan pengawas di satuan Pendidikan. Untuk itu pada kesempatan ini juga melibatkan kepala bidang dan pengawas-pengawas baru serta pengawas selain pengawas sekolah penggerak, untuk Bersama-sama diskusi dan belajar,”
Lokarya pengawas dalam memfasilitasi kebutuhan belajar dan berbagi praktik baik di satuan pendidikan, bertujuan pengawas sekolah mampu merencanakan program pendampingan kepala sekolah dalam memfasilitasi kebutuhan belajar guru dan berbagi praktik baik secara berkala di satuan pendidikan wilayah binaan.
Materi yang di sampaikan peran pengawas sekolah bagi pendampingan kepada sekolah, alur dan tujuan pembuatan program pendampingan kepala sekolah, pendekatan dan strategi dalam menggali kebutuhan kepala sekolah, Teknik dan metode analisi kebutuhan kepala sekolah, prinsip dan Teknik pendampingan kepala sekolah dan proses pelaksanaan pendampingan kepala sekolah.